Ayo menulis

Posted on Updated on

Di masa lalu, salah satu tugas dalam pendidikan Bahasa Indonesia adalah “mengarang” maksudnya menuliskan ide, cerita, menuliskan pengalaman, atau imajinasi kita dalam rangkaian kata-kata di selembar atau beberapa lembar kertas. Begitu pentingnya pelajaran “mengarang” tersebut sampai-sampai seluruh siswa harus memaksa dirinya menuliskan suatu cerita entah yang bersifat kisah nyata maupun imajinasi guna melatih kemampuannya menulis.

ayo menulis

Sayangnya dalam proses kreatif mengubah gagasan di kepala menjadi suatu tulisan yang berkualitas kurang ditunjang oleh teknik atau pelatihan skill yang memadai bagis siswa Sekolah Dasar dan Menengah, sehingga tidaklah mengherankan apabila di Indonesia jumlah penulis-penulis berkualitas sastra tinggi maupun penulis karya ilmiah berkualitas menjadi sangat jarang. Meskipun kemampuan intelektual anak bangsa Indonesia cukup tinggi yang tercermin dari sejumlah kemenangan dalam perlombaan sains internasional, namun hal itu kurang didukung oleh karya-karya sastra maupun terobosan ilmiah yang dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Menulis itu tampaknya gampang, tetapi tampaknya juga susah. Modal untuk menulis tidak lain tidak bukan adalah membaca, belajar, dan pengalaman. Apabila tiga modal dasar tersebut telah dimiliki dan ditunjang oleh skill atau teknik menulis yang baik, maka akan berkembang suatu kemampuan asli yang khas dimiliki seseorang. Biasanya seorang penuils akan memiliki kecenderungan gaya bahasa yang berbeda-beda, atau minimal pilihan-pilihan kata atau irama, dan lain sebagainya.

Ada tulisan-tulisan yang bergaya serius, ada yang santai, ada yang komunikatif seolah sedang berdialog dengan pembaca, ada yang persuasif menggiring pada suatu pandangan, ada pula yang meledak-ledak, ada yang melankolis, ada yang ringan mudah dipahami, ada yang  rumit berputar-putar, ada yang sedang dengan pengulangan, ada yang minimalis dalam kata dan beragam model tulisan sebanyak karakter umat manusia.

Satu yang perlu kita pahami bersama adalah bahwa sesungguhnya tidak ada yang lebih baik antara yang satu dengan yang lainnya. Namun ada yang disebut sebagai standar atau kualitas tertentu dari tulisan yang mana para pembacanyalah yang memberikan penilaian. Suatu tulisan yang diakui berkualitas tinggi biasanya disepakati oleh banyak pembaca sebagai tulisan yang baik. Karya tulis merupakan suatu karya seni baik yang bersifat ilmiah, kisah nyata maupun imajinasi. Seperti juga lukisan, lagu dan seni pementasan, seni menulis mengalir dalam kedalaman ekspresi sang penulis yang menuangkan gagasannya dalam kata demi kata sehingga pesannya sampai dengan baik baik dari esensinya maupun rasa, dan emosinya.

Meskipun ada standar minimal, namun karena subyektifitas yang sangat tinggi dalam menilai suatu karya tulis, maka kita seharusnya tidak perlu khawatir dengan penilaian-penilaian orang lain tentang tulisan kita. Kritikan terhadap tulisan kita dapat menjadi masukan untuk perbaikan, sebaliknya pujian terhadap tulisan kita dapat menjadi motivasi untuk lebih baik atau dapat menjadi kewaspadaan agar kita tidak cepat puas yang akhirnya menghentikan proses kreatif dalam benak kita.

Mulailah menulis, ayo mari kita menulis betapapun buruknya tulisan tangan kita, betapapun lambatnya kita mengetik karena hanya menggunakan dua jari, karena tanpa memulai dan mengalami proses menulis, kita akan melihat menulis sebagai suatu kegiatan yang tidak menyenangkan. Tentunya sebelum kita menulis, perkayalah bacaan kita, belajarlah sebanyak-banyaknya, dan pahamilah perjalanan dan pengalaman hidup kita masing-masing yang teramat kaya dengan makna-makna. Dalam proses menulis kita seperti sedang bersama diri kita yang lain baik yang jumlahnya satu maupun banyak, seperti dapat mendengar, berdialog dengan berbagai gagasan yang bersliweran di kepala kita. Apabila telah mengalami kondisi tersebut, kita tidak sedang mengalami gejala nerosis kejiwaan, kita sedang memproses diri kita menjadi pelaku, menjadi pengamat, dan menjadi penulis yang baik.

Ayo jangan ditunda-tunda, mari kita menulis!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s