Keseimbangan Optimisme

Posted on

Betapapun baiknya suatu pemikrian atau kegiatan di dunia akan cenderung memburuk pada saat hal itu melampaui batas. Misalnya makan dan minum adalah suatu hal wajar dan positif bagi kesehatan tubuh kita, namun ketika makan dan minum terlalu banyak…apa yang terjadi? buruk bukan?

Kali ini saya akan sedikit mengupas tentang optimisme, suatu sifat karakter yang dapat dikatakan positif bagi perjalanan hidup kita. Optimisme tidak muncul tiba-tiba, melainkan dibangun secara bertahap hingga mencapai puncaknya. Beberapa golongan manusia memiliki optimisme yang sangat tinggi, dan biasanya hal itu dikarenakan mereka telah mencapai bagian yang tinggi atau tertinggi dari suatu pencapaian hidup baik secara materi maupun immateri.

Secara material kita bisa mencapai posisi puncak pada organisasi yang dibentuk oleh manusia seperti negara, perusahaan, organisasi masyarakat, dll. Para pemimpin pada umumnya memiliki optimisme yang tinggi dan hal ini sebenarnya secara natural menjadi syarat karena para anggota organisasi dan masyarakat membutuhkan pemimpin yang optimis.  Sifat dan karakter optimis dari seorang pemimpin akan menular kepada segenap masyarakat yang dipimpinnya.

Meskipun demikian, upaya-upaya para pemimpin menampilkan optimisme seringkali terjebak dalam keadaan yang berlebihan, misalnya dengan menetapkan target yang melampaui batas kemampuannya. Pada saat demikian, optimisme pemimpin justru melahirkan pesimisme pada sebagian anggotanya yang sensitif dan kritis.

Bagaimanapun juga, optmisme harus berada dalam keseimbangan antara harapan pencapaian tujuan dan kenyataan kemampuan yang dimiliki, tidak memaksakan sesuatu yang jelas-jelas di luar kemampuan. hal ini bukan membatasi mimpi atau semangat optimisme, melainkan membumikan kenyataan hidup dalam gerak semangat optimis.

Akhir kata, janganlah terjebak dalam optimisme berlebihan, tetapi jangan pula tenggelam dalam pesimisme. Ketelitian dalam mencermati perjalanan hidup kita akan membimbing matahati kita dalam mewujudkan optimisme secara seimbang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s