I’m Not Okay (I Promise)

Posted on Updated on

Budaya dan dinamika musik seringkali bisa menjadi modal bagi matahati kita untuk memahami zaman serta memahami trend yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Kebaruan suatu jenis syair atau musik juga bisa merefleksikan gejolak rasa dalam bathin dan hati mereka yang menggandrungi jenis musik tertentu. Karena baru-baru ini, kita sering melihat iklan konser My Chemical Romance yang manggung di Jakarta tanggal 31 Januari kemarin di Jakarta, maka tidak ada salahnya jika, matahati kita mencoba melihat fenomena musiknya tersebut.

Menjadi sangat menarik untuk sekedar melihat salah satu lagu My Chemical ROmance yang berjudul I’m Not Okay. Kita bisa melihat sisi menariknya apabila kita cermati isi lirik dan musiknya. Dari sisi lirik kita akan mendapati bahwa sejumlah ekspresi ketidak”ok”an dapat menjadi cermin kondisi kalangan muda sekarang yang sering terjebak dalam keadaan yang serba tidak enak.

Misalnya saja dalam kasus nyata bunuh diri lompat dari gedung yang belakangan ini marak terjadi, dalam lagu tersebut digambarkan patahnya kaki karena lompat dari lantai dua. Mengapa lompat karena tidak okay (tidak dalam keadaan nyaman), misalnya saja disebabkan foto porno yang diambil oleh sang pacar (the dirty looks). Semua itu membawa pada keadaan yang tidak okay.

Secara umum lagu tersebut menggambarkan tentang pemanfaatan manusia yang satu oleh manusia yang lain, sebuah fenomena klasik yang membuat ada pihak yang dirugikan. Namun kemudian kembali disegarkan dengan gaya musik menghentak namun cukup mendayu-dayu yang menyebabkan pendengarnya bisa larut dalam suasana yang abu-abu menuju gelap, apalagi gaya pemusiknya memang agak kegelapan dengan nuansa gothik yang misterius.

Kembali pada bagaimana matahati kita melihat persoalan kekinian. Diperlukan luasnya wawasan ketika matahati kita ingin memahami fenomena kegelisahan kaum muda sekarang, mulai dari kondisi real disekeliling kita seperti sekolah teman sepermainan sampai pada faktor-faktor luar yang mewarnai dinamika mentalitasnya, misalnya seperti lagu, film, buku bacaan, trend di internet atau majalah, koran, dll.

Kelengkapan informasi tersebut akan membuat matahati kita semakin awas dalam memahami gejala-gejala di sekitar kita, sehingga tidak akan ada istilah orang kuno tidak paham perkembangan zaman. Kita tidak perlu menyukai perubahan zaman, hanya diperlukan kepedulian untuk sekedar melihat bahwa zaman terus berubah.

Namun hal yang paling esensial dalam melihat dinamika zaman adalah bahwa janganlah membiarkan kita dimainkan oleh pusaran perubahan zaman sehingga kita akhirnya terserap dan cenderung untuk menjadi korban, sehingga akhirnya mengalami seuatu keadaan yang tidak okay.

Berikut ini lirik lagu I’m Not Okay dalam bahasa aslinya:

Well if you wanted honesty, that’s all you had to say.
I never want to let you down or have you go, it’s better off this way.
For all the dirty looks, the photographs your boyfriend took,
Remember when you broke your foot from jumping out the second floor?

I’m not okay
I’m not okay
I’m not okay
You wear me out

What will it take to show you that it’s not the life it seems?
(I’m not okay)
I’ve told you time and time again you sing the words but don’t know what it means
(I’m not okay)
To be a joke and look, another line without a hook
I held you close as we both shook for the last time take a good hard look!

I’m not okay
I’m not okay
I’m not okay
You wear me out

Forget about the dirty looks
The photographs your boyfriend took
You said you read me like a book, but the pages all are torn and frayed

I’m okay
I’m okay!
I’m okay, now
(I’m okay, now)

But you really need to listen to me
Because I’m telling you the truth
I mean this, I’m okay!
(Trust Me)

I’m not okay
I’m not okay
Well, I’m not okay
I’m not o-fucking-kay
I’m not okay
I’m not okay
(Okay)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s