Menjalani

Posted on

Seringkali kita terlalu fokus pada tujuan sehingga melupakan keindahan dan proses mengalami dalam perjalanan menuju tujuan itu. Misalnya saja ketika kita akan pergi ke kantor untuk berkerja, pikiran dan matahati kita sepenuhnya tertuju pada pekerjaan serta rencana-rencana kegiatan di kantor. Padahal sejak awal meninggalkan rumah, kita dapat menghayati perpisahan dengan keluarga dengan senyuman harapan untuk kembali pulang dengan embawa hasil nafkah yang baik. Di perjalanan, kita berkesempatan menghirup segarnya udara pagi atau mungkin sedikit tercekik dengan polusi asap kendaraan, bertemu orang,  serta berbagai peristiwa lainnya.

Semua itu mungkin terlalu remeh sehingga tidak pernah kita perhatikan, bahkan setelah berkali-kali kita melintasi sebuah jalan setelah ke sekian kalinya kita baru menyadari bahwa sebatang pohon yang biasa kita lewati sudah roboh, atau sudah berganti dengan pembangunan bangunan baru.

Dalam makna yang lebih luas dan dalam, kita seringkali mengabaikan proses demi proses perjalanan hidup kita dalam kesadaran yang stabil. Begitu banyaknya persoalan yang menyebabkan kita menyepelekan senyuman di pagi hari untuk si kecil di rumah. Begitu beratnya beban hidup kita sehingga kita lupa dengan pengemis di pinggir jalan, bahkan kita cenderung untuk merasa terganggu.

Demikian juga dengan masalah kesuksesan dan keberhasilan yang kita tuju. Hanya orang sukses yang bisa bercerita tentang proses menjalani menuju kesuksesan karena biasanya ia memperhatikan pengalaman perjalanan hidupnya. Dalam beberapa cerita “ajaib” seringkali perubahan jalan seseorang dipicu oleh hal yang remeh dalam perjalanannya. Ada suatu kisah yang berargumentasi dengan hukum ketertarikan menyebutkan bahwa pernah seorang pencari kerja yang sudah hampir putus asa karena tidak berhasil mendapatkan perkerjaan kemudian merasakan keajaiban serta memberikan uang terakhirnya kepada seseorang yang sangat membutuhkan uang untuk menyambung hidupnya, keesokan harinya ia memperoleh pekerjaan yang kemudian membawanya pada kesuksesan.

Pernah lagi ada seorang yang pesuruh yang karena rajinnya dalam memperhatikan detail pekerjaannya kemudian disenangi majikan dan disekolahkan hingga akhirnya mencapai kesuksesan.

Begitu banyak misteri hidup dimana kebaikan dan dan pemahaman yang benar tentang menjalani hidup menjadikan perubahan demi perubahan dalam hidup kita menuju pada keadaan yang lebih baik.

Bandingkan dengan keluhan demi keluhan serta tangisan dan kemalasan yang penuh alasan karena tujuan tidak tercapai. Mengapa fokus kita hanya pada tujuan sementara di sekeliling kita terdapat begitu banyak kemungkinan untuk membawa kita pada perubahan yang lebih baik? Demikianlah bila matahati telah memahamkan hakikat momen demi momen yang sangat berharga yang kita lalu dalam perjalanan hidup kita. Menjalani hidup dengan pemahaman yang benar akan membawa kita pada keadaan yang menakjubkan betapapun kondisi demi kondisi berada dalam gelombang kedukaan ataupun kesukaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s